07/22/2024
Chicago 12, Melborne City, USA
Nasional

Siap Siap Tim Yustisi Dumai,  Akan Kembali Gelar Razia Kependudukan. 

Pemerintah Kota Dumai akan kembali melakukan Operasi Yustisi Kependudukan dalam waktu dekat ‎ini.
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ‎Dumai,  Yuda Pratama,‎mengungkapkan, bahwa pihaknya dalam waktu dekat bersama Tim Yustisi yang terdiri dari ‎Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Dumai  melibatkan aparat Polri, TNI Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Dumai, bakal menggelar operasi yustisi.
Ia menambahkan, ‎ k‎egiatan ini untuk menjaring masyarakat yang tidak membawa atau belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).
Lebih lanjut dijelaskanya, Operasi dilakukan untuk tertib administrasi, pasalnya kota Dumai juga merupakan  kota yang ber‎batasan dengan Negera tetangga.
“Operasi yustisi yang pertama sudah dilaksanakan pada Jumat 20 Oktober 2023 lalu, dan Operasi dilakukan untuk tertib Administrasi,” katanya, Kamis (26/10/2023).
Yuda menjelaskan, pada Operasi Yustisi pertama pihaknya berhasil menjaring 25 orang pelanggar  yang tidak membawa identitas ‎berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).
“Pada Jumlah Pelanggar yang tidak membawa KTP  berjumlah 20 orang Terdiri dari, ‎Laki – laki 15 orang, perempuan 5 orang. Denda yang dikenakan terhadap pelanggar Perda Nomor 6 Tahun 2007  Total Rp.950.000, sedangkan satu orang lelaki diberikan sanksi sosial‎,” imbuhnya
Dirinya mengingatkan, bahwa bakal ada Operasi Yustisi kembali, untuk itu diharapkan  bagi warga yang ingin bepergian jangan lupa membawa identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).
“Mereka yang terjaring akan dikenakan sidang di tempat dan wajib membayar denda sesuai ketentuan yang berlaku,” tegasnya.
‎Diterangkanya, Operasi ini untuk menegakan Peraturan Daerah (Perda) Kota Dumai, Nomor 6 Tahun 2007, tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
Dirinya mengimbau, bagi Warga Dumai yang belum memiliki identitas kependudukan, tambahnya,  agar segera mengurusnya di Kantor Pencatatan Sipil Kota Dumai.
“Target lokasi razia adalah di jalan raya, lokasi hiburan malam, kos-kosan, hotel dan tempat lainnya. Melalui kegiatan ini kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya mempunyai KTP serta membawanya kemana pun pergi,” pungkasnya.

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video